Senin, 05 Mei 2014

Masakan India ( india cuisine)


Negara India memiliki daerah yang bersalju yaitu disekitar Himalaya, India Utara berhawa sejuk, banyak domba., India Tengah daerah pesisir, berudara panas, banyak kota pelabuhan, India Selatan penghasil beras , hidangan banyak berkuah.

Rakyat India terdiri dari berbagai ras yang memeluk berbagai agama , hal itu mempenga-ruhi macam masakan yang ada di India.

Mayoritas Penduduk India beragama Hindu, bagi pemeluk agama Hindu ,sapi adalah hewan keramat. Oleh karena itu bagi pemeluk agama Hindu makanannya tidak mengandung sapi. Bagi orang Hindu ortodox mereka tidak makan makanan yang berasal dari bahan makanan yang bernyawa ( vegetarian).
Bagi orang Inndia yang beragama Islam, mereka makan daging sapi dan yang lain kecuali yang diharamkan.
Karena adanya perbedaan makan, di India macam makanannya sangat kompleks.
Makanan sumber karbohidrat adalah nasi yang kadang-kadang diganti roti. macam-macam roti India adalah Chapati ( roti tanpa fermentasi ) , Naan (seperti roti tipis yang dipanggang) dalam tandoor.
Tandoor= semacam tempat yang cekung lalu dipanaskan.
Hidangan yang pasti ada di India adalah mempergunakan curry dan rempah walaupun berbeda satu dengan yang lain.
Susu banyak digunakan dalam pembuatan puding atau hidangan penutup (dessert), joghurt dan ghee banyak dijumpai dalam resep masakan India.
Bumbu yang selalu digunakan dalam dapur India adalah garam masala yang dibuat dari kapulaga, tumbar, jintan, cengkih, lada hitam yang dioven kemudian dihaluskan.
Spiced Salt : lada , garam, bawang putih.
Pach pora : bumbu utama, kombinasi dari macam rempah: jintan hitam,jintan putih, adas, biji mosterd, semua disangrai lalu dihaluskan.
Makanan India yang terkenal: Tandoori, Kebab, Koftas, Pulao, Chapaties, Halwa, Kheer, Barfi, Payasan, Jalebi. Makanan India juga banyak yang menggunakan coconut ( kelapa)
Misalnya seperti pastel diisi kelapa parut dan gula.


1 komentar:

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Searching