Minggu, 22 Juli 2012

mengukur kematangan daging Steak

steak adalah berbagai macam makanan yang dimasak dengan tehnik Grilling (memanggang di atas api) baik itu meat, fish ataupun poultry.
kali ini kita akan membahas mengenai tingkat kematangan Beef steak, Biasanya daging yang digunakan adalah Tenderloin (khas dalam), sirloin, rib eye, etc
KOMPAS.com - Daging sapi Australia berkualitas tinggi seperti tenderloin atau wagyu, paling cocok dimasak dengan cara yang sederhana. Daging sapi Australia tipe ini paling sering dipanggang menjadi steak. Nah, untuk membuat steak yang lezat dan empuk dengan tingkat kematangan yang sesuai harapan, Anda dapat menggunakan sentuhan tangan. Dengan sedikit latihan Anda dapat menilai tingkat kematangan steak dengan cara ini.
Rare Kondisi daging seperempat matang. Bagian luarnya hangat dan kecokelatan, tapi bagian dalam daging tampak masih berwarna merah dan kesegaran khas daging yang juicy. Suhu daging ketika selesai dimasak 100 derajat fahrenheit.
cara sederhana:Buat lingkaran dengan telunjuk dan ibu jari Anda. Sentuh telapak tangan yang menjadi bagian dari lingkaran tersebut. Terasa empuk, bukan? Dengan ujung jari atau punggung penjepit, tekan bagian tengah steak. Bila tekstur empuknya sama dengan telapak tangan Anda, berarti steak telah mencapai tingkat kematangan mentah atau rare.

Medium rare
Hampir sama dengan rare tapi bagian dalamnya terasa lebih hangat, suhunya 12o derajat fahrenheit

cara sederhana
: Dari posisi di atas, geser ibu jari hingga menyentuh jari tengah dan sentuh bagian telapak tangan yang sama.
Medium Steak medium adalah cara memasak antara rare dan well done. Bagian tengah daging masih berwarna merah, tapi sisinya bersemu merah (merah muda). Suhu daging ketika selesai dimasak adalah sekitar 130 derajat Fahrenheit.Cara sederhana:Geser lagi ibu jari hingga menyentuh jari manis Anda, untuk mengetahui kematangan medium (matang sedang).
Medium Well DoneHampir sama dengan medium, tapi bagian tengah daging sudah bersemu kemerahan (pink), suhu nya adalah 140 derajat fahrenheit.
Well DoneDaging steak dipanggang hingga matang sempurna. Warnanya cokelat merata di seluruh bagian daging. Para penggemar steak jarang yang menginginkan steak-nya dimasak well done.
Tekstur daging akan lebih keras daripada medium atau rare karena kandungan air di dalam daging lebih banyak menguap. Suhu daging steak ketika selesai dimasak pada tingkat ini sekitar 160 derajat Fahrenheit.
cara sederhana :Sentuh jari kelingking dengan ibu jari, maka telapak tangan di bawah ibu jari akan terasa lebih keras. Inilah ciri steak yang matang sempurna atau welldone.


Tips and trik:

- Hindarkan kontak langsung dengan api yang membakar karna menyebabkan warna daging yang kurang baik.
- mengukur suhu dengan thermometer adalah pada bagian terdalam daging
- steak cross yang baik yaitu berbentuk wajik
- untuk Rasa yang maksimal hindarkan menusuk-nusuk dan menekan daging.


0 komentar:

Posting Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Searching