JogjaKu ini Lo Fenomenanya

I from Jogjaku yang istimewa…….

Selamat malam kawan, malam ini harusnya aku hadir disalah satu lembaga bahasa inggris buwat ikut bimbingan gitu ,, dan malam ne harusnya saya belajar structure and speaking… but in the evening today I hang out with my friend and I become very tired and I sick influence and headache ouwww  …jadi saya senggang saya tulis deh blog ini… soal kotaku..
Dulu waktu aku kecil, aku tinggal di tmpt eyangku hanya jarak 1 km dari pusat kota, tepatnya di daerah serangan yang dulu menjadi saksi sejarah memperebutkan jogja dari tangan sekutu… dan diabadikan di monument serangan umum satu maret… dulu jalan belumlah diaspal tapi waktu saya berumur 5 tahun jika seseorang punya kendarraan itu sudah dianggap wah ,, nah dulu ayahku dah punya si pitung…dulu jalan itu g terlalu ramai, masih lebih bnyk jalan kaki dan sepeda daripada motor,, tau g aku dapat sepeda baru kelas 6 SD .. dulu waktu aku kecil sepeda belanda itu masih byk bgt… tau sekarang harganya jadi muaahhhaallll coba… semakin tua semakin mahal…. Dulu yang namanya pak sultan itu benar2 terasa rajanya ..yah sampai sekarng sech… tapi beda rasanya… dulu masih banyak yang hormat banget bangga banget jadi turunan raja padahal turunan selir… pak sultan keren lo punya byk istri ,,, yah itu dulu … sekarang tidak semua anak jogja tahu sejarah ttg pak sultan,, malah taunya yang mistis – mistis gitu…

Udah cukup sedikit ja ulasan masa kecil..
Kemudian setelah aku SMA …motor murah meriaahhh  makin macet lah jogja… apalagi penobatan kota pelajar makin banyak aku punya temen orang dari luar jogja..padahal waktu smp masih dihitung jari orang luar yang skolah diyogya… waktu SMA mulai deh tau watak dan karakter dari orang – orang luar jogja… yang aku masih ingat adalah ketika pengucilan teman saya yang dari sumatera…
Orang yogya memang lembut,, mereka datang dengan nada sumatera taulah tapi kita salah tanggap… jadi agak – agak dikucilkan gitu ..tapi aku g lohh… justru berbeda itu aku pengen tahu… wah ternyata logat mereka seperti itu dan asyik juga kok ngomongnya langsung g pke perantara… to the point gitu… lama – lama aku berpikir kenapa banyak orang luar yogya pada kesini…
Kata orang- orang dari luar yogya …yogya istimewa… karena orang – orangnya …katanya ramah seperti saya kwkwkwk  tapi memang benar … kuk waktu saya SMA saya punya teman dan akhirnya jadi sahabat saya sampai sekarng… dan dia berasal dari sumatera,, entah kenapa walaupun dengan nada tinggi ..saya tidak pernah merasa tersinggung… waktu awal kuliah saya ketemu juga teman dari sumatera dia bilang pada saya.. orang yogya itu ramah tapi dibelakangnya Gerundel akhirnya kerjaan gosipin temennya …yah jadi kesimpulan dari teman saya
Orang Yogya = Ramah + Ngerasani + ngomong dibelakang
Orang sumatera = Nada Tinggi + ngomong langsung jarang ngerasani
Nah itu diaaaa  rumus yang membuat sebuah pelengkap yang secara tidak kita sadari rumus itu saling melengkapi…
Kalo orang sumatera = to the point dan katanya lo jarang jaga perasaan
Kalo orang yogya = g to  the point karena jaga perasaaan
Jadi orang yogya kelihatan ramah… semua sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan tapi temansaya itu tetep sakit hati ketika di rasani… sama orang yogya dan waktu itu bilang sama saya,,padahal saya adalah orang yogya.. nah dari situ saya tahu benar sama orang sumatera .. tapi saya tidak tahu kenapa teman saya itu tetep bilang yogya istimewa..

Padahal anda – anda semua tahu apa yang special diyogya ,,, menurut saya g da
Ditilik dari segi pantai… pantai disekitar yogya tu g da yang bagus curam malah …kenapa orang luar berbondong kesana??? Mungkin ada nyi roro kidul kali lin,,, so jadi mereka datang sapa tahu ketemu gitu sama nyi roro kidul wkwkwk ada2 saja
Lucunya lagi sepeda sekarang malah disewain coba…. Malah jadi istimewa..

Terus apa coba bangun- bangunan tua…bukannya semua kota juga punya bangunan tua..
Merapi ?? kan Indonesia banyak..katanya lagi bukit bintang…. Walah padahal menurut saya masih indah bukit bintang yang dijawa timur…
Bukannya aku jelekin tempat wisata yogya…tapi semua itu tidak perfect… eitsss ada yang bilang itukan t4 wisatamua wajar kalo bilang jelek wong kamu bosen… ya terseraah dehh..

Nah tetep ja yah Yogyaku lo istimewa… banyak para pembesar Indonesia terlahir dari yogya atau nuntut ilmu diyogya mesti jadi orang gitu kata mereka.

Terus apa dung yang istimewa…
Yang paling masuk akal adalah keramah tamahannanya….
Itu adalah kekuatan.. kalo udah ramah gitu sapa sech yang g seneng…  diajarin guru pa dosen… yang ramah – ramah kita pasti juga lebih punya mood yang bagus…
Ditempat wisata di anterin guide yang ramah – ramah ala alaiii…

Keramahan kita merupakan tradisi dan juga kewajiban ..dan itu sudah jadi watak
Sebagai orang yogya  dari kecil kita tuch dah diajarin yang namanya pembeda bahasa mana yang untuk orng tua mana yang untuk teman dan itu sudah berakar disini…
Jeleknya kita para warga yogya nurut itu kewajiban jika kita masih muda,, kalo mbangkang ama orang tua kuwalat..  dan itu kadang malah jadi penghalang,, gpp jika pembangkangan adalah perbuatan jelek ..tapi kalo bagus ..gimana ??
Yah kadang aku sendiri merasa tidak bisa banyak membangkang dan itu sudah mnjadi tradisi..mbok kita g suka sama kelakuan orang yg lebih tua kita kudu tetep hormat dan ramah …walaupun pengen nolak toh g tetep ngelakuin itu
Yah mungkin itulah yang disuka orang luar dari kita ….op meneh orang tua..kita wajib nurut…
Dulu kita juga nurut banget sama raja ..dan mungkin itu juga mnjdi tradisi ples kewajiban..
Lah sapa coba yang g seneng dapat orang yogya…ahhahahahhhahah  opo – opo melu ..
Nurut …ae….lahhh  itu ada sisi jelek dan sisi baeknya tapi..
Yah bisa to sekarang ambil kesimpulan kenapa yogya istimewa…
Kita memang sudah diprepare untuk selalu menjaga perasaan orang lain …yah dengan keramahan itu…
Makanya kalo sampe orang yogya digalakin ketika dia keluar dari yogya… kebanyakan dari mereka pasti stress ujung2nya  balik yogya…g betahhhhh katanya ahahhahhhh walau disini gaji kecil tapi hati senang karena walau kerja jelek paling diperingatin atau dirasani… g langsung di sentak dimaki – maki ..gitu tu pendapat orang yang pernah kudengar..
Orang yogya selalu suka makannya dengan kata maaf…
Nyuwun sewu nggeh mbah
Ngapunten kulo kesupen….
Nyuwun ngapunten niku barangnya ketinggalan …
Yogyaku memang istimewa….
Semua jadi istimewa jika kamu merasa senang karena keramahan kita iyatovvhhhh  hayooo ngaku….  Kalo g ngaku jangan pernah balik kejogja ….saya usir nanti

Maaf itu bandara adisucipto bisa membawa anda pulang kedaerah anda jika anda semena – mena berbuat dan berkaata menyakitkan diwilayah saya ok…. 



justt write no mean

Komentar